Coral Triangle Day, KKP Gelar Transplantasi Karang





transplantasi terumbu karang di spot dive, Desa Ped (foto/sjd)

NUSA PENIDA, Selama ini Nusa Penida terkenal wisata bawah laut hingga mancanegara. Pesona hayati laut yang memukau pecinta wisata bahari menimati lebih dekat. Tak terhitung jumlah wisatawan yang datang. Selain terumbu karang, Nusa Penida memiliki maskot wisata bahari yakni ikan mola-mola dan pari manta. Spot dive dari pagi hingga siang hari berjejer speed boat berlayar di kawasan perairan Nusa Penida. 

Momentum peringatakan Coral Triangle Day pihak UPT Kawasan Koservasi Perairan Nusa Penida menggelar berbagai kegiatan dengan menggandeng pihak Lembaga Swadaya Masyarakat salah satunya Coral Triangel Center.
Menurut Kapala UPT KKP Nusa Penida I Nyoman Karyawan, Jumat (9/6) mengatakan peringatan hari kelautan momentum kita menjaga dan merawat keindahan tiada tara yang sudah dianugrahkan. Peduli keberadaan terumbu karang mutlak dan utama karena selama ini Nusa Penida mengandalkan hal itu sehingga wajib kita melakukan pemeliharaan secara berkelanjutan. " keberadaan coral tumpuan kita jika rusak tidak berbuat banyak lagi," kata Nyoman Karyawan.
Kegiatan bersih pantai pendahulu dari rangkain peringatan Coral Triangle Day yang melibatkan ratusan siswa Sekolah Menengah Pertama se- Nusa Penida. Beach Clean Up dipusatkan di Cryastalbay, Desa Sakti setelah itu lomba cerdas cermat juga berlangsung di tempat yang sama. 

" berlatar belakang kawasan pantai eksotik lomba cerdas cermat semakin greget dengan tema kelautan," ujarnya.

Pihaknya melibatkan semua sekolah SMP sebanyak 10 sekolah beradu ketangkasan. Peserta merasakan yang baru lomba berlungsung di tempat terbuka. Sumringah begitu perasaan yang dirasakan peserta. 


 lomba cerdas cermat

TRANSPLANTASI KARANG 

Pemeliharaan dan menanam kembali tetumbu karang wajib bila mana kita hanya mengexploitasi saja tanpa menindahkan. Tranplantasi karang adalah cara menanam kembali terumbu karang menggunakan bibit karang yang ada. Penanaman dilakukan disekitaran spot dive Ped Point hampir sebanyak 150 stik karang dibantu oleh relawan yang natabone dive master. 

" kita mengajak relawan yang merupakan dive master transplantasi karang. Wujud nyata kita bersama mereka memelihara terumbu karang tidak sebatas sebagai objek saja," ungakap Karyawan. 

Sementara Coral Clean Up menyisir pantai utara bagain barat Nusa Penida mulai spot SD Point, Ped, Buyuk. Membersihkan sampah yang menempel di karang.
Salah satu peserta I Wayan Bagiayasa piahknya sangat antusias mengikuti acara. Dia menyampaikan kegiatan pembersihan sampah terumbu karang sebaiknya dilakukan berkelanjutan. (*)

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.