Sapi Nusa Penida Bebas Penyakit





Kemurnian dan kualitas sapi Nusa Penida sampai saat ini masih diakui paling unggul. Bahkan, terus menjadi incaran pengembang biak sapi asal Malaysia. Dari dulu, spesies sapi Nusa Penida juga merupakan sepsies sapi yang paling terbebas dari berbagai macam penyakit sapi. Berbeda dengan sapi di daerah lain, yang banyak diserang penyakit jembrana dan lainnya. Namun, saat ini serangan penyakit sapi mulai menghantui.

Karenanya, berbagai upaya antisipasi dilakukan untuk mencegah masuknya penyakit sapi ke Nusa Penida. Salah satunya pemberian vitamin.
Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan (PPK) Klungkung Made Matra, Minggu (13/4) kemarin menyebutkan, pemberian vitamin dilakukan untuk berjaga-jaga. Jangan sampai kualitas dan kemurnian sapi Nusa Penida yang sudah terjaga sampai sekarang, menjadi cemar akibat adanya ancaman penyakit. ''Makanya, kami terus melakukan berbagai upaya untuk mengamankan spesies sapi Nusa Penida,'' tandasnya. Bukan hanya pemberian vitamin, secara rutin melalui Kasubdin Penyakit dan Kesehatan drh. IGN Badhiwangsa Temaja, Dinas PPK Klungkung menggelar vaksinasi dan spraying.

Sampai saat ini, populasi sapi di Nusa Penida mencapai 23 ribu ekor yang dipelihara secara berkelompok maupun pribadi oleh masyarakat setempat. Selain pemberian vitamin, vaksin dan spraying, juga diberlakukan pelarangan masuknya bibit sapi dari luar Nusa Penida. Sekalipun bibit sapi tersebut merupakan turunan dari sapi Nusa Penida yang sudah dipelihara di luar Nusa Penida.

 Source :(Bali Post) -

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.