KERAJINAN BATU KAPUR




kepulauan nusa penida kaya akan batu kapur putih. Hal ini membuat banyak sekali penduduk yang membuat ukiran-ukiran hiasan menggunakan material tersebut. Ukiran tersebut selain diperjual belikan sebagai hiasan juga digunakan untuk mereka sendiri, seperti untuk menghias rumah dan tempat sembahyang. ..


Banyak yang bisa diolah dari alam, menjadi sebuah makanan ataupun diolah menjadi sebuah kerajinan yang memiliki keindahan dan memiliki nilai ekonomis yang sangat luar bisa tinggi, seperti halnya di yang terletak di Desa Kutampi Atas, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Di desa ini anda akan menjumpai rumah- rumah yang dipenuhi dengan batuan kapur lengkap yang sudah berupa kreatifitas dari pengrajinnya, selain keistimewaan Nusa Penida yang terdapat pada kerajinan batu putihnya, pesona alam Nusa Penida juga tak kalah menariknya, pemandangan area Perbukitan, serta laut masih asri menjadi daya tari tersendiri untuk Nusa Penida. Anda bisa jadikan Nusa Penida wisata ini sebagai alternatif tujuan wisata anda , untuk menikmati alam dan belajar tentang pembuatan dan kerajianan dari batu putih.
Batuan putih yang didapat dan digali dari perbukitan di Nusa Penida ini diolah dari beberapa proses dan tahapan- tahapan sebelum menjadi barang yang indah dan mempunyai nilai jual yang tinggi, mulai dari proses proses penggergajian, yaitu proses  dimana batu yang masih berukuran besar dan baru digali, dipotong sesuai dengan ukuran barang yang mau dibuat, langkah kedua yaitu proses penghalusan batu dengan cara dipasrah, langkah ketiga yaitu proses pemberian motif batu sebelum dipahat, langkah kempat proses pemahatan dari batu yang sudah diberi motif, tentunya tidak hanya dipahat, pemahat- pemahat Nusa Penida ini juga memiliki teknik tersendiri, dengan sentuhan- sentuhan seni, dan ketelitian yang sangat luar biasa, yang terakhir tentu saja proses finishing yaitu proses pengahulsan dengan cara diamplas, kerajinan- kerajinan yang dibuat di nusa Penida ini biasanya merupakan hiasan yang perindah ruangan rumah & Pura , seperti ornamen, relief hiasan dinding, patung, dan hiasan taman. Anda bisa mendapatkan semuanya di Nusa Penida ini.
Selain itu yang tidak kalah menarik jelajah alam tawarkan, menikmati keindahan alam pedesaan dan melakukan kegiatan sehari- hari warga, menjadi hal menarik untuk dilakukan, kegiatan seperti berkebun , bertani, beternak sapi .

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 comments:

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.