komoditas Rumput laut , aktivitas petani rumput laut


KOMODITAS RUMPUT LAUT 



aktifitas nusa penida   adalah sebagai nelayan dan juga sebagai petani rumput laut.(mayoritas sebagai petani rumput laut).
Masyarakat Nusa Penida, Lembongan dan Ceningan sebagian menggantungkan hidupnya dari rumput laut. Rumput laut. Jenis rumput laut yang dibudidayakan di Nusa Penida, Lembongan dan Ceningan ada 2 jenis yaitu Eucheuma Spinosum dan Eusheuma Cottonii. Cara pembudidayaan rumput laut tersebut dengan sistem taam lepas dasar. Kedua jenis rumput laut masih tetap dibudidayakan karena memiliki kualitas yang cukup bagus sehingga nilai jualnya mencapai Rp 6.000 per kilo gram untuk rumput laut kering. Untuk mendapatkan jenis rumput laut kering harus melewati beberapa tahap proses yaitu proses pengeringan selama 4 sampai 5 hari jika cuaca cukup medukung. Saat ini petani hanya memperhatikan berat rumput laut saat dijual. Padahal ada beberapa hal penting lain yang mempengaruhi kualitas rumput laut, yakni kebersihan dan keutuhan. Rumput laut yang dijual petani masih kotor, berpasir dan lainnya. Hal itu terjadi akibat sistem penjemuran masih dengan sistem terpal. Bahkan langsung di halaman yang hanya dilapisi semen. Cara penjemuran ii tergolong cara yang masih tradisional. Hal-hal semacam itulah yang membuat harga rumput laut kadang merosot. Hasil yang bisa dicapai petani rumput laut untuk setiap hektarnya adalah 134.400 kg per hektar untuk rumput laut basah jenis Eucheuma cottonnii dan 26.880 kg per hektar untuk rumput laut kering jenis Eucheuma  cottonnii.Rumput laut tersebut biasanya diolah dijadikan makanan seperti manisan, dodol dan kue-kue. Selain itu rumput laut juga dapat dijadikan bahan dasar kosmetik, pasta gigi, pelapis kapsul, pelembab kulit, dan bedak.wahhh,,,ternyata banyak yachhh  kegunaannya,,
Nah,,,sekarang Kendala yang sering dihadapi oleh para petani rumput laut di Nusa Penida, Ceningan dan Lembongan anatara lain penempelan benalu yang akan merusak pertumbuhan rumput laut, ombak yang besar, ikan pemangsa. 

gamabar selanjutnya : 










Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.