Pemeliharaan Jalan Warga Swadaya


warga Sebunibus secara swadaya memelihara jalan betonisasi sisi jalan yang tergerus air hujan

SAKTI - Ruas jalan Desa Sakti khusunya Dusun Sebunibus menuju arah destinasi Cryatalbay dan Angel Billabong jalan sudah mulus. Genangan air waktu hujan melanda sisi pinggir jalan tergerus lumayan. Jalur Sebunibus sendiri adalah ruas jalan utama menuju destinasi top Nusa Penida sangat ramai kendaraan berlalu-lalang.
Waktu hujan air mengalir sisi pinggir karena posisi jalan menurun sehingga air mudah dan deras mengalir kebawah. Setiap hujan terus begitu pinggir jalan tergerus. Warga Dusun Sebunibus secara swadaya melakukan pemeliharaan sisi pinggir jalan agar mempermudah manuver pengendara berlalu lintas.
Dipantau di lokasi, warga bergotong-royong memelihara jalan jalur Sebunibus. Salah satu warga, I Wayan Supiana menyampaikan pemeliharaan ini atas dasar inisiatif warga. Donunaturpun warga dan dikerjakan secara swadaya menutup sisi pinggir jalan agar tidak mudah tergerus air saat hujan. Lebih lagi arus kendaraan jalur ini sangat padat. Keluwesan dan manuver kendaraan lebih mudah dan lancar.
" kami secara swadaya perbaikan sisi jalan atau pemeliharaan jalan. Hal ini kita lakukan agar pengendara lebih leluasa dan nyaman, " tuturnya.
Menurutnya bentuk kepedulian kita terhadap insfratruktur jalan yang sudah mulus. Ini bukan bermaksud gimana tapi demi kelancaran bersama dan kenyaman kita. Kebetulan hampir semua warga berkecimpung pariwisata ada kewajiban untuk memelihara jalan.Pemeliharaan sisi jalan yang diswadaya oleh masyarakat setempat hampir 1,5 kilometer.
Sementara Perbekel Desa Sakti I Ketut Partita mengatakan ruas jalan ini kewenangan milik kabupaten sehingga di desa tidak bisa mengalokasikan dana untuk pemeliharaan.
" Awal Desember kami sudah koordinasi dengan Dinas PUPR dan rencana awal juni akan ada realisasi.Tapi karena antusias warga kami, atas izin UPT PU Kecamatan kegiatan hari ini bisa terlaksana. Sehingga untuk anggaran tahun ini kami alihkan di ruas jalan Toyapakeh-Manteb, " ujarnya.(*)


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.