MilitanArt Gelar Pameran di Malang " Letupan Erupsi Semestas Raga "

MilitanArt gelar pameran di luar Bali yakni Kota Batu, Malang, Jawa Timur 

Kelompok Perupa Bali yang selama ini kosisten berkarya dan berpameran, Militan Art adalah nama kelompok perupa yang dibangun mengairahkan insan seni rupa hingga menggelar exhibition ke lima kalinya. Dua puluh satu perupa berpartisipasi dalam pameran yang bertajuk “ Eruption “. Militant Art sendiri tahun ini menggelar pameran di luar pulau Bali, Kota Batu, Jawa Timur dipilih sebagai tempat mengapresiasi karya. Pameran yang dibuka oleh Widjaja Putra, seorang pecinta seni, digelar dari tanggal 4 hingga 11 Mei 2019 di Raos Gallery, Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Para perupa yang terlibat dalam pameran ini adalah Anthok S, Atmi Kristia dewi, Pande Paramartha, Kadek Eko, Made Supena, Ketut Agus Murdika, Ketut Suasana Kabul, Ketut Sugantika Lekung, Made Gunawan, Listya Wahyuni, Nyoman Sujana Kenyem, Loka Suara, Nyoman Diwarupa, Ngurah Paramartha, Gusti Buda, Teja Astawa, Pande Wijaya, Putu Sudiana Bonuz, Wayan Suastama, Uuk Paramahita, dan Wayan Dastra. Ada satu perupa dari Batu, Malang yang turut berpartisipasi dalam pameran ini, yakni Rifai Prasasti.
Seperti biasanya komunitas seni rupa ini selalu mengkaitkan perayaan ulang tahun terbentuknya Militan Art dirayakan dengan pameran bersama. " Pameran kali ini adalah untuk merayakan ulang tahun Militant Arts yang kelima," ujar Nyoman Sujana Kenyem, Ketua Militant Arts.

Curator pameran Wayan Jengki Sunarta menjelaskan bahwa istilah eruption (erupsi) mengandung makna kemunculan yang tiba-tiba, kejadian/peristiwa yang spontan atau mendadak.Dalam geologi, erupsi berarti suatu proses pelepasan material dari gunung berapi dalam jumlah yang tidak menentu.

“Namun, dalam konteks manusia, erupsi juga bisa dikaitkan dengan letupan atau letusan perasaan dan pikiran.Jika erupsi ini terjadi pada seniman, maka hal itu bisa menghasilkan suatu karya seni,” ujar Jengki.

Dalam pameran ini terlihat upaya anggota Militant Arts menafsirkan atau menejermahkan konsep erupsi menjadi karya seni rupa dengan berbagai corak/aliran, dari figurative hingga non figuratif (abstrak).Beberapa perupa menafsirkan erupsi dalam konteks peristiwa nyata yang terjadi pada gunung berapi.Misalnya bisa dilihat pada lukisan Anthok S yang berjudul "Keagungan #2", menampilkan gunung yang erupsi dikaitkan dengan keagungan semesta.Atau, padalukisan "Penjaga Mata Air" karya Nyoman Sujana Kenyemdan "Perempuan di Tengah Alam" karya Wayan Dastra.

Di sisilain, sejumlah perupa Militant Arts berupaya menerjemahkan erupsi secara simbolis dan metaforis dalam kontekssosial, politik, dan psikologis (emosi).Hal itu, misalnya, bisa dilihat pada lukisan KetutSuasana Kabul yang berjudul "Dadu Demokrasi" yang mengaitkan erupsi dalam konteks politik.Atau, bisa disimak pada lukisan“Horsepower” karya Ngurah Paramartha yang mengaitkan erupsi dengan luapan perasaan.

Yang mengharukan, pameran ini juga menampilkankarya (alm) Made Supena, anggota Militant Art yang meninggal pada tanggal 16 April 2019.Karya Supena yang ditampilkan bertajuk "Sisa", dan acara kali ini menjadi pameran terakhirnya.

Sementara perupa, Made Gunawan melihat pameran ini secara karya sangat pariatif. Eruption disini merupakan letupan perasaan bukan saja letupan gunung yang sudah umum melainkan letupan gagasan dalam berkesenian yang mesti diexplorasi. “ sangat bagus, special Militan bisa memamerkan karya di luar daerah paling tidak secara kelomok akan lebih dikenal, “ tuturnya.(*)


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.