Topeng | Dibalik Yang Terlihat, Ada Banyak Hal Yang Tersembunyi


dua Mahasiswa beda daerah mural respon topeng 

Manusia bertopeng!?!?! sering dilontorkan bibir ketika seseorang menyimpan misteri yang tersembunyi. Dibalik kebertopengan manusia dua sisi yang berbeda mungkin agar tidak terlihat gerak-geriknya ataupun dibalik layarnya tidak diketahui. Jika kita melihat sisi yang berbeda manusia bertopeng biasanya dikonotasikan hal buruk saja tapi sisi baik dari kebertopengan misalnya menjaga kewibawaan, ketulusan, kecintaan terhadap insan hidup dan lainya.

Manusia bertopeng bisa menjadi superhero dalam lingkup masyarakat dan lebih luas lagi, biasanya tantangan menjadi seperti ini cukup berat melawan pergolakan yang terjadi dalam masyarakat. Tatkala cibiran, umpatan atau sejenisnya jika itu dijadikan menyulut semangat dalam diri yang pada akhirnya membantu masyarakat sekitarnya. Ditengah retorika kehidupan yang dinamis perubahan semakin cepat, sikap bertopeng terkadang esensi berubah lebih individual parahnya memasaksakan egomoninya. Kemunculan orang-orang yang bijak ditengah pergolakan tatanan hidup serba cepat sangat ditunggu kehadiranya. Dalam situasi seperti ini bertopeng adalah misteri yang masih tersembunyi yang patut dikupas lebih jelas, terlihat tapi menyimpan banyak hal.

Kesenian dalam kehidupan masyarakat Nusantara khususnya Bali tidak terlepas dari kesenian yang namanya topeng. Kebudayaan yang sering menjadi pelengkap upacara, ragam topeng beraneka ragam sesuai dengan fungsi masing-masing tergantung guratan wajah topeng yang dimainkan, ada yang menonjolkan kebijakan walaupun umur tak lagi muda seperti topeng tua. Semakin tua dalam tari topeng tua menggambarkan ketenangan dan bijak menyikapi sesuatu penuh mempertimbangkan kedamaian.

Topeng, wikipedia menjelasakan, benda yang dipakai di atas wajah. Biasanya topeng dipakai untuk mengiringi musik kesenian daerah. Topeng di kesenian daerah umumnya untuk menghormati sesembahan atau memperjelas watak dalam mengiringi kesenian. Bentuk topeng bermacam-macam ada yang menggambarkan watak marah, ada yang menggambarkan lembut, dan adapula yang menggambarkan kebijaksanaan.

Topeng telah menjadi salah satu bentuk ekspresi paling tua yang pernah diciptakan peradaban manusia. Pada sebagian besar masyarakat dunia, topeng memegang peranan penting dalam berbagai sisi kehidupan yang menyimpan nilai-nilai magis dan suci. Ini karena peranan topeng yang besar sebagai simbol-simbol khusus dalam berbagai uparaca dan kegiatan adat yang luhur.
Kehidupan masyarakat modern saat ini menempatkan topeng sebagai salah satu bentuk karya seni tinggi. Tidak hanya karena keindahan estetis yang dimilikinya, tetapi sisi misteri yang tersimpan pada raut wajah topeng tetap mampu memancarkan kekuatan magis yang sulit dijelaskan.

Mahasiswa Unhi Denpasar merespon topeng menterjemahkan filosofinya kedalam wujud mural. Dewa Pastia dan Gus Eka sama-sama semester 6 jurusan seni rupa, menampilkan mural yang digelar oleh Bem kampusnya. Dua mahasiswa beda daerah ini, Dewa Pastia berasal dari Nusa Penida sementara Gus Eka, Karangasem. Karya mural mereka menjelaskan tentang seorang samurai Shogun yang memakai topeng Ratu Gede Mecaling , dimana samurai Shogun merupakan pengabdi otoritas yang terkenal tak pandang bulu dan kerab kejam membantai siapapun yang menghalangi misinya, sedangkan topeng Ratu Gede Mecaling di Bali sebagai perlambang keagungan dan kewibawaan sang pengayom umat. Senjata tombak digenggam tanganya dan perisai bergambar permata merah lambang kemanusiaan di dunia . Maknanya adalah sebagai seorang pengabdi pemerintahan harus tegas dalam menjalankan tugasnya namun hendaknya tetap sebagai pengayom yang benar benar menjungjung tinggi asas kemanusiaan (rakyat) diatas kepentingan pribadinya .

Dengan background nirmana garis menggambarkan lika liku dinamika dan batasan yang ada di masyarakat seorang pemimpin harus mampu merangkul dan menggenggamnya menjadi satu kesatuan utuh . agar tercipta sebuah keharmonisan dalam negara , dan bersama sama menembus rintangan bagai ujung tombak.(*sjd)

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.