Eksotiknya Pemandangan Crystal Bay


 secara simbolis Putri Indonesia menyerahkan terumbu karang kepada Coral triangle Center (foto/SJD)



Crytal Buy mempunyai daya tarik yang mamapu menyedot ribuan pengunjung yang datang. Alamnya yang masih alami ditambah dengan pesona biota laut yang memukau siapa saja. Yang jadi primadona pengunjung yakni Mola-mola yang muncul di periran ini. Disamping itu tak kalah menariknya menjelang sunset yang tak bisa terlewatkan. Yang bedakan sunset dari tempat yang lainnya dengan rona matahari kuning keemasan sedikit demi sedikit tenggelam dibalik celah atol kecil yang ada di depan pantai. Di atas bukit kecil berdiri pura kecil dengan hiasan pepohanan. Dari bibir pantai, pengunjung juga bisa melihat Pulau Lembongan dan Ceningan yang hanya dipisahkan selat sempit. Bahkan ada yang menyebut nama Crystal berasal dari beningnya kondisi perairan sehingga biotanya bisa dilihat dari atas.

Bentangan pantai ini juga dibatasi dua bukit kecil yang membentuk Teluk Penida. Kesan indahnya Crytal Bay ternyata juga diakui oleh Putri Indonesia Lingkungan 2014, Elfin Pertiwi ketika melakukan transplantasi karang (10/6). Elfin yang diundang pada rangkaian acara Festival Nusa Penida apresiatif dengan upaya dalam melindungi kehidupan bahari.

 “Pertama ke sini saya sangat terpukau dengan keindahan alam dan masyaraktnya, alamnya. Dengan kegiatan transplantasi karang, kita berharap terumbu karang tumbuh dengan baik dan kekayaan biota laut semakin terjaga. Saya sebagai duta lingkungan sangat mendukung langkah ini,” puji Elfin.

Mengenakan selempang kain khas Nusa Penida ‘rangrang’, Elfin menyusuri pantai menapaki keunikan Crystal Bay. Duta Lingkungan ini juga membuat video klip sebagai media promosi pariwisata Nusa Peida yang berbasis alam dan budaya. Pada Kunjungan ke Crystal Bay, Elfin Pertiwi didampingi langsung Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Klungkung, Ketut Suadnyana dan Camat Nusa Penida, I Ketut Sukla. Selain Elfin, kunjungan juga diikuti Jegeg Bagus Klungkung 2014.

Elfin  menambahkan kesan pertama tertarik dengan Pulau Nusa Penida yang masih asri yang betul-betul mempunyai besar untuk explore yang mendalam lagi, “ imbuhnya.

“ Terbentur keburu sore Putri Indonesia Duta Lingkungan Hidup hanya simbolis saja menyerahkan terumbu karang . Arus di periran Crystal Buy sangat kuat menjadi factor utama. Jarak dari bibir pantai hanya  50 m tempat ”, ujar I Wayan Suarbawa Koordinator Tranfaransi Terumbu Karang. 

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.