HASIL PANEN RUMPUT LAUT BAGUS,PETANI KEMBALI BERGAIRAH MEMBUDIDAYAKN KEMBALI DI NUSA PENIDA


petani rumput laut I Nyoman Landep sedang memanen 

BATUNUNGGUL, NUSA PENIDA - Rumput laut merupakan andalan daerah pesisir Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Hampir sebagain besar warganya bekerja sebagai petani rumput laut, tapi sejak dua tahun terkahir keberadaan rumput laut mandek atau petani tidak melakukan budidaya rumput laut. Hal mendasar petani tidak melanjutkanya karena hasilnya menurun dikarena factor alam dan juga penyakit rumput laut itu sendiri.

Hal ini disampaikan salah satu petani rumput laut di Desa Batununggul, I Nyoman Landep saat ditemui di lokasi pengikatan rumput laut. Ia memaparkan berkecimpung sebagai petani rumput laut sejak tahun 2000 hingga 2017 memutuskan berhenti. Keinginan yang kuat, Nyoman Landep kembali membudidayakn rumput laut khususnya di Desa Batununggul. Keberhasilan budidaya rumput laut di Desa Lembongan menginspirasnya kembali menekuni sebagi petani rumput laut. Hasil dari petani di Lembongan sebagai pilot project di Kecamatan Nusa Penida pasca berhentinya petani melakukan budidaya.

“ hasil dari petani di Lembongan menginspirasi saya mencoba kembali membudidayakan rumput laut dan hasilnya sangat bagus sekali, “ kata mantan Bendesa Kutapang yang menggarap lahan tumput laut seluas 5 are.
Ia kembali mengatakan rumput laut jenis yang dikembangkan adalah katoni tapi yang menbedakan jenis ini dari sebelumnya warna merah. Bibit yang didatangkan dari Lombok dan Sumbawa potensial dikembangkan di Nusa Penida.
“ teman-teman petani juga minta bibit untuk dikembangkan. Saya sangat antusias sekali dari hasil panen kali ini. Mudah-mudahan teman-teman petani kembali membudidayakan rumput laut, “ imbauannya. Nyoman Landep berujar berkembangnya pariwisata kau milenial saja yang bisa bekerja sementara orang tua yang sudah berumur diatas 50 tahun keatas tidak bisa mengkases hal itu, kami disini memberdayakan mereka.

Landep berharap berkembanganya pariwisata di Nusa Penida perlu adanya destinasi baru yakni pariwisata aktivitas petani rumput laut. Ada sebuah senergi dimana wisatawa yang selama ini berkembang dikombinasikan dengan aktivitas petani rumpu laut. “ kalaborasi wisata alam dan aktivitas petani rumput laut memberikan nuansa baru pariwisata di Nusa Penida, “ pesanya Landep.(*)


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.