Kisah Sukses LPD Batumulapan





Mangku Made Tantra 

Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Batumulapan, Nusa Penida, Klungkung berdiri tahun 1991. Awalnya hanya bermodal Rp. 2 juta. Modal itu pun didapat dari Provinsi.

Dengan modal sebesar itu bersama kepercayaan desa pekraman adat Batumulapan, dana itu digulirkan. Kini setelah 28 tahun LPD Batumulapan menggulirkan dana 12 Milyar kepada masyarakat dengan laba 2019 ini ditarget 1,4 Milyar rupiah.

Itu dituturkan Mangku Made Tantra selaku Ketua LPD Batumulapan ketika ditemui di Warung Bekul. Ketika ditanya kiatnya sampai LPD Batumulapan berkembang seperti sekarang, Mangku Made Tantra mengatakan dirinya bersama 4 pengurus lainnya selalu berusaha mengemban kepercayaan masyarakat dengan jujur dan sebaik-baiknya.

”Diawal berdirinya LPD Batumulapan tahun 1991 kami tidak mau menerima gaji. Karena menurut saya seperti tumbuh-tumbuhan kalau baru menanam sudah dipanen tentunya perkembangannya tidak baik. Kalau sudah besar pohonnya tentunya kita petik dan nikmati bersama buahnya“, kata Mangku Made Tantra.

Ditanya apakag LPD tidak mengalami hambatan masalah sejak berdiri, Mangku Made Tantra mengatakan sejumlah masalah pernah dihadapi.

”Masalah kredit macet pernah kami hadapi. Bersama masyarakat Adat Batumulapan dan prajuru dilakukan langkah tegas penyitaan. Pernah rumah warga disita tapi kemudian dibeli keluarganya. Karena kalau dibiarkan akan ditiru yang lainnya. Karena kita tahu meniru yang buruk itu lebih mudah dan itu membuat LPD bangkrut“, tutur Mangku lirih.

Lebih lanjut Mangku Made Tantra menuturkan kendala lain juga dihadapi adalah persaingan usaha. Karena ada 3 koperasi yang juga meminjamkan uang di areal Batumulapan. Namun Mangku Made Tantra bersama pengurus LPD justru bekerjasama dengan koperasi-koperasi itu untuk saling berbagi seperti ketika kami kekurangan modal, koperasi itu yang akan menaruh modalnya di kami.

Kini LPD Batumulapan tempat menabung tidak hanya warga Batumulapan, tetapi juga warga desa lainnya. Itu karena kepercayaan dan juga kareba bunga yang ditawarkan bersaing. Tercatat LPD Batumadeg dan Jurang Pait pernah training pengurusnya di LPD Batumulapan.(*)

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.