Libur Panjang, Nusa Penida Dibanjiri Wisatawan






wisatawan membludak saat transit di ponton menuju speed boat (foto/sjd)

NUSA PENIDA, Libur panjang cuti Lebaran kali ini, banyak diantara wisatawan menikmati liburan mereka ke tempat wisata yang lagi instrgramebel seperti Kepulauan Nusa Penida, Klungkung, Bali. Lonjakan wisatawan yang berdatangan dari sejumlah pelabuhan nampak penumpang antre dari Pelabuhan Kusamba, Klungkung begitu juga di Pelabuhan Sanur. Pembelian tiket khusus di Sanur sudah dibooking dari jauh hari, penumpang menumpuk di pelabuhan. Kesempatan liburan panjang dimanfaatkan wisatawan domestik tapi wisatawan mancanegara mengalami lonjakan.

Eksotik pulau yang dikenal dengan sebutan The Blue Paradise Island menjadi pilihan pelancong. Wisata alam dan spiritual sebuah kalaborasi wisata yang dikembangkan. Pantai berpasih putih, balutan artistik karang terpesona meluluhkan hati penikmat pelancong. Sementara wisata spiritual juga menarik mulai Pura Penataran Ped, Goa Giri Putri, Batumedawu, Puncak Mundi dan satu lagi Pura yang sekarang ramai dikunjungi warga yakni Pura Segara Kidul yang letaknya di mata air Guyangan.

Petugas loket di Sanur Chaca Aries saat dikomfirmasi, Sabtu (16/6) mengatakan wisatawan yang datang sejak sebulan lalu mengalami peningkatan dan lebih lagi saat ini sedang liburan panjang medongkrak wisatawan yang berkunjung. Penyeberangan melalui pantai Sanur paling ramai khusus untuk wisatawan mancanegara. Trip pagi hampir pertengahan bulan ini sudah dibooking sebelumnya. Kepadatan penumpang tak terbendung. " kami melayani penumpang secara maksimal khusus liburan panjang menambah trip. Dalam satu perjalanan atau trip dalan sehari melayani 16 kali terhitung bolak-balik Sanur menuju Nusa Penida, 8 trip dari Nusa Penida dan Sanur, " ucapnya.

Pantuan penyeberangan Kusamba, Klungkung dari pagi antrian penumpang menumpuk. Sebagain besar dari penumpang berwisata spiritual sekaligus menikmati pesona alamnya. " pelayanan penyeberangan kami ditambah mengingat kondisi penumpang dari pagi terus berdatangan. Liburan panjang kali ini memang lebih dasyat penumpang yang datang, dalam sehari kemarin kita melayani sebanyak 32 trip hingga sore," kata pengelola boat Gangga Express I Nyoman Landep.

Sekretaris PHRI cabang Klungkung, I Wayan Sukadana mengakui lonjakan wisatawan terjadi sejak pertengahan bulan ini. Akomodasi yang tersedia saat ini khususnya penginapan sebanyak 170 jika diratakan setiap penginapan ada lima kamar jadi 850 kamar tersedia untuk Nusa Penida belum terhitung Nusa Lembongan dan Ceningan. Begitu banyak wisatawan yang berkunjung penginapan tak tersedia tapi sebagaib besar dari mereka day trip.

" Bersyukur dan berterima kasi para pengunjung menjadikan Nusa Penida tempat berlibur. Sebagai daerah yang baru berkembang wisatanya mohon dimaklumi Kekurangan khususnya misalnya jumlah kamar yg kurang memadai ketika tamu membludak," pintanya Sukadana yang juga pemilik Kabeh Jati Garden.

Sementara Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya menghimbau kepada guide dan sopir travel mohon kesabarannya dijalan. Hati-hati prioritaskan kenyamanan pelancong, bagi yang antre diloket pelabuhan maupun kemacetan dijalanan krn banyak pemedak dan wisatawan yang berkunjung, termsuk kendaraan roda 2 dan 4 yang sudah full boking.

Daya tampumg parkir tak mencukupi saking banyaknya mobil yang menunggu wisatawan. Mobil tersebut dialihkan sementara parkir di depan Gor hingga lapangan dijadikan parkir. (*sjd)
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.