Dewa Aryantara, Dari Hobby Jadi Usaha


usaha ayam aduan yang berlokasi d Kesiman, Denpasar 

Berada jauh dari kampung halaman segala kemudahan tak dapat diperantuan. Semarak aktivitas kota melintas dalam kehidupan benak insan mencari penghidupan. Tatanan hidup, tantangan serta pergolakan perkotaan yang menghampiri. Kreatifitas pencari insan hidup dengan segala kemampuan dikreasikan demi menjalani tatanan yang ada. Pergaulan dan hobby pelipurlara ditengah himpitan perkotaan.  I Dewa Gede Aryantara, sebagai warga perantuan pergaulan dan hbby yang dia jalani berujung bisnis yang dikelola sekarang. Peternak ayam aduan ia pilih.


Menggeluti peternak ayam aduan, kata Dewa Aryantara dibilang gampang-gampang susah. Pengetahuan tentang ayam yang ketahui melalui perkenalan dari menjalani hobby. Sebelumnya duat tahun lalu, peternak ayam potong ia jalankan. Pergeseran menjadi peternak ayam aduan karena banyak peminatnya, disamping itu harga jual ayam tersebut lebih menguntungkan.


“ ya,,,,, saya memang kepengen buka usaha tapi awal-awal memang susah. Semua dijalani berkat semangat dan kegigihan hasil dari semuanya adalah bonusnya, “ ucap ayah dua anak asal Geria Tengah, Nusa Penida.


Ayam aduan, menurutnya merupakan ayam pilihan. Masalah pakan dan kondisi ayam secara reguler dicek. Kandangnya juga perlu diperhatikan agar tidak berhimbas pada kesehatan ayam. Asupan suplemen dari ayam ini mesti diperhatikan mengingat ayam model seperti ini sangat spesial. Ayam aduan dilatih tarung untuk membangun naluri petarung. Kemampuan tarung dan tampilan ayam menjadi penentu harga jual.


Usaha yang berada di Kesiman, Denpasar pemasaran dilakukan secara offline dan online melaui sosial media. Sahabat-sahabat penghobi ayam aduan datang langsung. “ saya sangat bersyukur hobby yang dijalani berbuah hasil menjadi usaha yang digeluti. Merajut asa di perantuan menjadi saya termotivasi melakukan hal yang lebih, “ harapnya.(*sjd)
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.