Tiga Wisatawan Asing Terseret Arus, Satu Menancing Tebing dan Kedua Terperangkat Bawah Tebing


PEJUKUTAN, Pesisir pantai Atuh, Desa Pejukutan sangat menarik untuk dinikmati apalagi langsung berenang. Namun harus berhati-hati saat berenang sekitaran kawasan tersebut. Hal ini dapat membayakan, seperti yang dialami wisatawan asing terseret arus saat beraktifitas mencari ikan dengan cara menembak, Rabu (9/8) lalu. Ketiga wisatawan asing tersebut dinataranya Sean Sutton (22) asal Afrika Selatan, bersama dua temannya Daniel Anderson (21) asal Denmark dan Devin Grey asal Afrika Selatan. Korban Sean Sutton menyelamatkan dirinya sampai memanjat tebing setinggi 150 meter.

 Warga setempat I Wayan Gunung dan I Negah Dama bersama satu korban selamat (Sean Sutton) mencari dua korban lainya. Dalam kondisi gelap kedua korban terdampar di tebing sebelah selatan pantai Atuh tidak bisa evakuasi saat itu juga, hal ini disebabkan kondisi tebing yang tinggi dan tidak berani berenang menjemput mereka.

Evakuasi korban dilanjutkan pagi hari sekira pkl.06.00 wita, penjemputan terhadap dua korban. Sekira pkl. 08.40 wita keduanya dapat diselamatkan selanjutnya dibawa ke bibir pantai Atuh.

Daniel Anderson mengalami cedera pada pinggang, luka lecet pada kedua tangan dan tidak bisa berjalan. Tim gabungan dari Kepolisan Sektor Nusa Penida dan Koramil Nusa Penida yang dipimpin langsung Polsek Nusa Penida Kompol I Ketut Suastika yang berjumlah 12 personil mengangkat korban menggunakan tandu darurat menuju tempat parkir di atas pantai Atuh dengan menyusuri jalan setapak melewati tebing yang berjarak kurang lebih 200 meter. Setiba di Puskesmas Nusa Pendia keduanya mendapatkan pertolongan medis, karena kondisi korban tidak bisa dirawat lebih lanjut dirujuk ke RS BMC Denpasar dengan menggunakan boat menuju Denpasar.



Kapolsek Nusa Penida Kompol I Ketut Suastika saat dikomfirmasi, Kamis (10/8) membenarkan kejadian wisatawan asing terseret arus saat melakukan aktifitas mencari ikan di Pantai Atuh. “ kami mendapat laporan masyarakat bahwa tiga wisatan yang sedang mencari ikan terseret arus. Kondisi yang tidak memungkinan dan gelap evakuasi dilanjutkan besoknya. Kami berkoordinasi dengan Barsanas dan bersenergi dengan masyarakat mengevakuasi korban.

Mendapat laporan masyarakat tamu asing sedang menyelam terserta arus beberapa tebing sekitar tebing pantai Atuh. Hari ini korban dirujuk menuju RS BMC Denpasar, “ ujarnya.*


















Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.