Patroli KKP Nusa Penida Nelayan Lombok Timur Diamankan





 petugas melakuan pengecekan langsung ke kapal motor nelayan yang tertangkap di Manta Point I

Nusa Penida (waklaba.blogspot.com)
Kawasan Nusa Penida merupakan kawasan Keservasi Perairan (KKP) yang terumbu karangnya sangat cantik. Dibalik cantiknya karangnya banyak pengunjung yang datang silih berganti untuk menyelam maupun snorkeling.  Bukan hanya tamu saja yang kepincut, namun juga nelayan dari luar Nusa Penida datang tapi sayang dari beberapa yang datang banyak yang menggunakan alat yang merusak terumbu karang seperti bom.
Dalam patroli Team KKP Nusa Penida yang ikut dalam rombongan antara lain Ketua KKP Nusa Penida I Nyoman Sangging, TNI-AL Nusa Penida I Nengah Suistra, Kasat Pol Air I Putu Ardana , Coral Triangle Center I Wayan Suarbawa serta dari Mahasiswa Unud, Senin (26/5/2014).
Petugas Team Patroli menemukan nelayan yang sedang mancing di daerah Manta Poin I yang merupakan kawasan pariwisata yang tidak boleh adanya aktifitas melaut. Parahnya lagi nelayan ini menangkap ikan hiu yang sudah kemarin malem memancing disini.
Menurut Ketua Team Patroli I Nyoman Sangging nelayan yang diamankan tersebut berawal ketika patroli mencurigakan adanya kapal yang tengah melabuhkan jaring di kawasan zone Manta Point I . begitu melihat kedatanga boat patroli, mereka tidak bisa berkutik sehingga petugas langsung pengecekan, “ ujar Kepala UPT Peternakan Perikanan dan Kelautan Kecamatan Nusa Penida.
Selanjutnya, Kapal Motor Nelayan Jaya Maringgik 05 tersebut terdiri dari Kapten bernama Saparadi serta 4 ABK (Sahir, Saiful ,Suhardi, Adi) yang semuanya berasal dari Desa Maringgik, Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur Provinsi NTB.
Sangging menambah nelayan tersebut diberikan bimbingan dan pengarahan lebih lanjut kalau nanti melakukan hal yang sama tindakan tegas yang kan menjeratnya. Dalam patroli armada kita serta kemampuan untuk melakukan patroli malem sangat sulit sehingga sejauh ini hanya melakukan patroli siang saja. Dan berharap agar semua nelayan lokal maupun luar Nusa Penida agar mengetahui zona kawasan mana yang boleh melakukan aktifitas serta mana zona inti yang tidak boleh melakukan aktifitas, “ harapnya.

Menurut pengakuan nahkoda kapal, Suparadi, mereka telah kemarin berlayar di kawasan Nusa penida dan hasil tangkapan ikan hiu, “terangnya.
Oleh : Santana Ja Dewa

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.