Kelulusan Siswa juga ditentukan Nilai US


peserta UN sedang mengerjakan soal
Ped (waklaba.blogspot.com)

Hari pelaksanaan UN tingkat SMA di kecamatan Nusa Penida berjalan aman dan lancar. Siswa sudah bersiap-siap masuk kelas sejak tiga puluh menit sebelum pelaksanaan UN yang dimulai pukul 07.30 wita yang berlangsung tanggal 14 sampai 16 April 2014. Pantauan waklaba.blogspot.com  di SMAN I Nusa Penida  Senin (14/04/2014) pagi tadi. 

Menurut Kepala Sekolah SMAN I Nusa Penida I Nyoman Dunia , di sekolahnya UN diikuti sebanyak 200 siswa dan semua siswa hadir. Masing-masing IPA sebanyak 62 siswa, IPS sebanyak 70siswa serta IPB sebanyak 68 siswa.
nilai US ikut menentukan kelulusan siswa. Sebab nilai akhir kelulusan dihitung dari komposisi 60 persen nilai UN dan  kontribusi 40 persen nilai US. Sedangkan komposisi nilai US terdiri atas 70 persen nilai rapot dan 30 persen nilai US, “ terangnya Dunia.

"Jadi prosesnya diikutsertakan dan turut menentukan kelulusan. Kalau dulu, semua kelulusan ditentukan oleh hasil UN. Sudah beberapa tahun ini, nilai akhir kelulusan komposisinya seperti itu. proses anak belajar sejak semester satu sampai semester lima diikutsertakan dan direrata lalu kemudian digabungkan dengan nilai UN. Cara ini sangat membantu siswa dan proses belajar siswa selama tiga tahun diakui," jelasnya.

Dunia  menambahkan, nilai UN penting untuk pemetaan sekolah. Dari hasil UN dapat diketahui pelajaran apa saja yang nilainya jelek di suatu sekolah, sehingga sekolah tersebut nantinya dapat mengevaluasi dan memperbaiki nilai yang kurang bagus tersebut. "Intinya, proses belajar dihargai tetapi pemetaan sekolah atas nilai yang diperolehnya dari UN juga dapat diketahui. Dia berharap tahun ini tingkat kelulusan SMA kami bisa lulus 100%," harapnya.

Oleh : Santana ja Dewa

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.