WAYAN ARNATA, EKPLORASI TRADISI NGODI PADA KANVAS

lukisan ngodi I Wayan Arnata 

Bali, cultur budaya yang melekat dimasyarakat hampir semua kegiatan baik adat dan ritual selalu berdampingan dengan seni. Peranti sarana dan prasana ritual upacara adat Bali misalnya, hiasan dan ornament setiap daerah mempunyai karektertistik tersendiri.

Sejak anak-anak terbiasa melihat aktivitas tersebut diabadikan dalam pikiran. Dari sana, kebiasaan jadi terbiasa masih segar dalam ingatan anak-anak hingga dewasa. Keterlibatan tersebut secara langsung memberikan pengalaman dan pelajaran serta mendidik pembentukan karekter seni.

Seperti halnya seniman I Wayan Arnata, sejak kecil ia biasa diajak kakeknya. Dan secara kebetulan kakeknya adalah seorang seniman yang sering terlibat dalam kegiatan ritual maupun adat di desanya. Sarana & prasana perlengkapan upacara khususnya dibagian seni hias-menghias dengan bahan kertas, benang serta media lainya.

Dari pengalaman sejak kecil, Wayan Arnata kembali mengingat kembali memori kebersamaannya dengan kakeknya. Nostalgia masa kecil, Arnata mencoba menuangkan ide dari pengalaman sejak kecil memainkan media benang dan kanvas.

 

“ Pengalaman dari masih anak-anak  sering mengikuti kakek, kebetulan kakek seniman yang ahli membuat sarana prasarana upacara adat di Bali.  Salah satu dalam membuat sarana ngaben yang ada seni hias menghias dengan bahan-bahan seperti kertas, kain, benang dll. Dari pengalaman itu berangkatnya saya memakai benang sebagai media dalam berkarya, “ tuturnya seniman asal Sukawati.

Arnata mengakui memang sulit, seiring proses berjalan dengan teknik ngodi istilahnya. Ngodi merupakan teknik kreasi benang tradisional Bali. Menemukan formula tekniknya adalah paling sulit. Dalam karyanya ini Arnata memposisikan kearifan local dipadukan dengan modern sehingga terlahir karya kontemporer.

“ Dalam karya saya ini merupakan ekplorasi diri, kebetulan sebelumnya mengambil seni lukis sempat ngukir kayu. Dari pengalaman saya dulu, kemudian menerapkan pada media kayu. Pengalamanlah terekam dibenak sehingga hingga kini saya terus melakukan pengamatan sekaligus kajian tentang teknik Ngodi dengan media benang tersebut, “ jelas Arnata.(*)

 

 

 

 


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.