Mistologi Segitiga Masuk Dalam Medium Penginapan





Batan Sabo Cottage mengimplementasikan kearifan lokal dalam medium penginapan 
Siapa sangka keindahan pulau yang terletak sebelah tenggara Bali menyimpan panorama yang eksotik. Mulai terumbu karang, bukit serta pantai yang berpasir putih makin lama diburu penikmat keindahan semesta. Akomodasi penunjang menggeliat dibangun setelah kunjungan wisatawan yang datang. Satu yang menarik dari sekian hunian bagi wisatawan melepas rehat sehabis mengexplore Nusa Penida, bangunan penginapan yang terletak di Sebunibus, Desa Sakti mungkin nanti menjadi rujukan. Bentuk yang tak lazim hunian pada umumnya " segitiga " menggunakan bahan ramah lingkungan mulai dari atap hingga keseluruhan bangunan. 
Owner sekaligus arsitek Gede Pande Guna Sesana saat ditanya mengenai penginapannya berbentuk segitiga. Ia mengatakan bentuk bangunan ini mengambil mitologi nafas konsep Tri Hita Karana. Segitiga itulah manusia Bali menjaga keharmonisasi baik Tuhan, alam serta manusia sendiri. Konsep lainya juga masuk, bahwa masyarakat Bali telah mengenal tri mandala, tri kaya parisuda serta filsafat bhur, bwah swah juga ada tiga tingkatan. Jadi segitiga tersebut dituangkan dalam medium hunian. 
Kenyamanan selalu ia depankan sesuai dengan etika bangunan dan unsur seninya. Apapun yang dibikin konsep adalah hal pokok utama dari segalanya, karena tanpa konsep nanti tidak mampu memberikan nilai lebih ujungnya akan terasa asing dalam diri. 
Bangunan hunian segitiga berjumlah enam berjejer diatas bukit menghadap destinasi Crystalbay. Penginapan unik tersebut diberi nama Batan Sabo Cottage, renacana Guna Sesana yang lihai menggamel ini membuat kolam dengan dua tingkat secara bertahap dulu dibangun pasalnya masih proses akhir terutama bagian kamar. Jika ini sudah dibuka untuk publik niscaya keindahan panorama bukit seperti dalam kanvas sambil berenang menikmatinya. *

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.