Merespon Seri Grafis Dalam Medium Kaos



seni grafis dalam kaos (foto/johana)

Melihat karya perupa dimedium kanvas sering dijumpai, beda yang dilakukan perupa satu ini. Mengexplorasi imajinasinya menggunakan sebuah kaos jadi media berkarya. Perupa bernama Dewa Made Johana merasakan kegelisahan pada dirinya mentok dalam pikiran, pergolakan inilah melahirkan idenya melakukan sesuatu yang belum pernah sama sekali ia lakukan. Seni rupa dan fashion dikembangkan secara sedemikian rupanya. Johana lebih memilih seni rupa genre cukilan rujukan berkarya dalam hal ini media yang tak lazim bagi dirinya. Kaos adalah ruang pilihan berkarya, karena dunia fashion lebih relevan bisa mengkombinasikan seni rupa agar penikmat bisa menikmati secara langsung. 

" baru pertama kalinya saya berkarya diluar kebiasaan. Karena melihat fashion seni rupa bila dikalaborasi dalam kaos lebih bisa dinikmati secara langsung, " kata perupa muda asal Banjar Silungan, Ubud. Karena kesukaan dalam membuat cukilan (wordcut) lino cut yang biasa di cetak di kertas/kanvas . Percobaan yang dilakukan hasilnya juga sangat bagus, akhirnya Johana kecanduan membuat sablonan baju dengan teknik Lino cut/wordcut. Kesan membedakan dari sablon baju pada umumnya dibuat dengan cetak miring. 

Cukilan merupakan seni cetak relief dalam seni grafis dimana gambar di atas papan, karet Lino, pahatan dicukil menghasilkan gambar yang dicukil atau dipahat nampak warna putih sementara yang tidak lebih nuansa gelap. Masalah pemasannya, Johana sementara lewat teman dan masih bergutat disosial media.
" respon atas karya saya banyak yang kepengen menggunakan kaos itu, " tutur perupa lulusan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja ,jurusan Pendidikan Seni Rupa.*

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.