DESA ADAT DALEM SETRA BATUNUNGGUL, CEGAH CORONA DENGAN PATROLI MALAM


sebelum patroli dilangsungkan pengarahan dari Jero Bendesa 

Desa Adat Dalem Setra Batununggul secara wilayah berlokasi daerah perkantoran dan pusat ekonomi kecamatan Nusa Penida, Klungkung. Disaat kondisi wabah covid-19, dimana pergerakan masyarakat menuju pusat ekonomi dan perkantoran harus mematuhi protocol kesehatan. Tetapi, ada saja masyarakat yang tidak mematuhi salah satunya adalah menggunakan masker. Berbagai alasan yang diucapkan ketika ketahuan tidak memenuhi protocol kesehatan khususnya masker. Pendekatan secara persuasive menganjurkan dan wajib ketika berada diluar rumah tidak saja akan menuju pasar ataupun mengurus administrasi perkantoran. Secara pelan dan pasti mengayakinkan masyarakat mengubah kebiasaan sebelum wabah ini melanda tanpa menggunkan masker jadi setiap keluar rumah selalu masker jadi teman.

Selain menggunakan masker protocol kesehatan yang lain seperti cuci tangan, digaungkan kepada masyarakat tanpa henti mengedukasi setiap kesempatan. Kesehatan dalam situasi seperti ini adalah modal kita memutus virus covid-19 tentunya adalah jaga jarak menghindari berkerumun ataupun bergerombol.
Pemberlakukan jam operasional, Desa Adat Dalem Sertra Batununggul sebagai pusat ekonomi masyarakat Nusa Penida dimana Pasar Mentigi dari pagi hingga malam hari kegiatan ekonomi bergulir, sejak diberlakukannya jam operasional sampai pkl.20.00 wita. Awalnya memang belum terbiasa dengan kondisi seperti ini.

“ Kita dalam situasi wabah covid-19 beradaptasi dengan kondisi yang ada memang agak susah dan berat dimasyarakat. Menyakinkan mereka khususnya para pedagang diwilayah kami khususnya Pasar Senggol, Mentigi ada riak-riak sedikit dari warga tetapi memancing semangat kami bersama pecalang terus membara. Sekarang mulai terbiasa dengan kondisi pembatasan jam opreasional yang diberlakukan, “ kata Bendesa Adat Dalem Setra Batununggul I Dewa Ketut Tayanegara.

Patrol malam yang dilakukan setiap hari pkl. 20.00 wita, kesadaran masyarakat meningkat dari sebelumnya. Walaupun begitu, kata Tayanegara patroli malam dilakukan setiap harinya selain memutus rantai virus covid-19 adalah menjaga kondusifitas keamanan. Kesempatan dalam memanfaatkan situasi seperti ini sangat mungkin terjadi. Himpitan akan kebutuhan menjadi persoalan yang mendalam. “ Kita tetap melalukan patroli malam selain memutus rantai virus covid-19 juga menjaga kondisi keamanan tetap kondusif. Astungkara kamtibmas tetap lancar, “ harapnya.

ANTISIPASI KEAMANAN

keluarga PMI melaporkan diri terkait kedatangan saudaranya 

Desa Adat Dalem Setra Batununggul besinergi dengan pihak Polsek Nusa Penida dibawah Bhabinkamtibmas serta Bhabinsa dari Korawil Nusa Penida selalu kompak dalam melakukan kegiatan patroli malam. Patroli merupakan salah satu cara membubarkan masyarakat yang kedapatan berkumpul di malam hari dalam upaya mencegah penyebaran virus corona atau covid-19.

Bendesa Batununggul mengatakan patroli malam yang besinergi dengan pihak keamanan untuk memberikan imbaun kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan berkumpul. Imbauan selalu kita lakukan kepada masyarakat terkait masalah pencegahan dan pemutusan rantai penyebaran virus covid-19.
“ Mengubah minset mereka dari meremehkan menjadi peduli akan kesehatan dirinya dan juga orang lain. Kami terus berupaya mengajak bersama-sama waspada dan senantiasa melakukan protocol kesehatan. Sekarang masalah keamanan hal yang penting juga, “ paparnya.

Lebih lanjut, kata Tayanegara mengajak warga bersama –sama menjaga lingkungan masing-masing karena dalam situasi pandemic corona masalah social dan keamanan hal yang harus kita waspadai walaupun sampai sejauh ini masih dibilang nihil. “ Waspada tetap kita didepankan dalam situasi seperti ini walaupun masih terbilang aman, “ tuturnya.(*)

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 comments:

  1. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    ReplyDelete

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.