Kisah Kasih Lengkap Ni Ketut Raka & Michael Bommel Sampai Mereka Menikah



 Ni Ketut Raka & Michael Bommel 

Ni Ketut Raka ( 34 tahun ) tidak memiliki tangan dan kaki sejak lahir. Perempuan anak ke 4 yang lahir di Dusun Kelemahan, Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Bali ini walaupun tanpa tangan dan kaki namun ia tidak patah semangat menjalani hidup. Bagi Ni Ketut Raka sejelek-jeleknya kelahiran orang pasti berguna setidaknya bagi dirinya sendiri. Ia tidak mau menjadi beban orang lain.

Sehari-hari Ni Ketut Raka berjualan di rumahnya dengan membuka warung, selain menyapu, beres-beres rumah dan apa saja. Termasuk sambil menunggui dagangan Ni Ketut Raka juga membuat ceper (sarana upacara di Bali ). Setiap hari ia ke Pasar Mentigi Sampalan dengan menumpang pickup untuk menjual ceper dan membeli barang dagangan. Jarak Pasar Mentigi dari Rumahnya sekitar 12 Kilometer.

Keuletan dan kegigihan Ni Ketut Raka diketahui I Nyoman Suwirta Bupati Klungkung ketika Bupati menyambangi Dusun Kelemahan. Bupati I Nyoman Suwirta kemudian memberikan bantuan kursi roda dan berinisiatif membuat film pendek inspiratif tentang kisah Ni Ketut Raka yang gigih menjalani hidup tanpa kekurangannya.

Video ini viral, banyak yang menonton. Termasuk Michael Bommel lelaki berkewarnegaraan Jerman. Ia terpesona dengan kisah Inspiratif Ni Ketut Raka. Bommelmencari-cari tahu keberadaan Ni Ketut Raka. Berdasarkan penelusuran jejak digital, pernah Michael Bommel berkomentar di website pemkab Klungkung dan ia menulis kepada Bupati Nyoman Suwirta yang intinya ingin mengenal Ni Ketut Raka lebih dekat.

Entah tahu darimana Michael Bommel mendapati akun facebook Ni Ketut Raka. Setelah berkomunikasi secara intens melalui facebook, Michael Bommel terbang ke Bali dan menuju Nusa Penida untuk menyatakan kesungguhannya. Selama 2 minggu ia di Nusa Penida ia menginap di You & We House yang terletak di Dusun Semaya, Desa Suana, Nusa Penida milik Ni Made Perni.

Menurut Ni Made Perni pemilik penginapan, Michael Bommel nampak sumringah ketika bertemu Ni Ketut raka.

“Mereka berdua sangat berbahagia ketika bertemu. Malamnya saja Michael Bommel menginap disini. Siangnya ia di Kelemahan di rumahnya Ni Ketut Raka.”,kata Ni Made Perni.

Menariknya walaupun sebagai perempuan tanpa kaki dan tangan, Ni Ketut Raka tak mau merepotkan Michael Bommel. Terbukti ketika Ni Ketut Raka disambangi setiap hari oleh Michael Bommel Ni Ketut Raka ke rumahnya, Ni Ketut Raka menolak dengan halus.

Alasannya malu dengan tetangga di Dusun Kelemahan. Demikian pula ketika Ni Ketut Raka diajak keliling Nusa Penida ke obyek-obyek wisata, Ni Ketut Raka tidak mau diberikan uang oleh Michael Bommel. Baik untuk transport maupun bekalnya. Ni Ketut Raka membayar sendiri dan menolak dengan halus pemberian Michael Bommel. Itu diceritakan Ni Ketut Raka ke Ni Made Perni.

“Agar kita tidak dicap murahan Mbok”,kata Ni Ketut Raka pada Ni MadePerni.

Sampai akhirnya Michael Bommel akan balik ke Jerman dan mengajak Ni Ketut Raka ke Jerman ingin menikahinya. Ternyata pihak keluarga menolak memberikan ijin Ni Ketut Raka dibawa ke Jerman. Namun demikian keluarga Ni Ketut Raka mempersilakan Ni Ketut Raka dipersunting di Nusa Penida, Bali. Akhirnya Michael Bommel kembali ke negaranya, Jerman. Itu juga cerita Michael Bommel pada Ni Made Perni yang diceritakan kepada penulis.

Walaupun tidak bisa memboyong Ni Ketut Raka ke Jerman, rasa cinta Michael Bommel tak bisa dibendung untuk menikahi Ni Ketut Raka. Ia tetap menjalin komunikasi dengan Ni Ketut Raka dan LDR-an . Sambil mempersiapkan syarat-syarat agar bisa menikahi Ni Ketut Raka, Mihael menentukan hari pernikahannya. Akhirnya hari itu tiba, kemarin 27 Agustus 2019 Ni Ketut Raka menikah dengan Michael Bommel dengan upacara adat Bali. Kabar bahagia itu ditulis oleh Kepala Desa Suana I Putu Rai Sudarta dihalaman facebooknya.

Demikianlah, kalau sudah jodoh, asam di gunung, garam di laut akan bertemu dalam belanga. Walaupun berbeda benua, berbeda adat istiadat dan keterbatasan, Cinta mampu menyingkirkan semuanya. Cinta yang Agung tak akan melihat kekurangan pasangannya. Menurut Ni Made Perni, Michael Bommel sering berkata Ni Ketut Raka Perempuan sempurna, menakjubkan baginya. Semoga senantiasa berbahagia.

Ni Ketut Raka Dan Michael Bommel Akhirnya Menikah Dengan Adat Bali

Kabar bahagia datang dari Ni Ketut Raka, perempuan asal Dusun Kelemahan, Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida,Klungkung, Bali yang tak punya tangan dan kaki.

Ni Ketut Raka menikah dengan Michael Bommel lelaki dari Jerman yang ia kenal dari facebook. Ternyata setelah Bommel ke Nusa Penida, mereka tetap menjalin
 hubungan kasih jarak jauh.

Kabar gembira itu ditulis oleh Kepala Desa Suana I Putu Rai Sudarta Selasa, 27 Agustus 2019 melalui halaman facebooknya.

“Selamat menempuh hidup baru buat artis Desa Suana, tanpa tangan & kaki tapi terlihat sempurna dimata bule asal Jerman”,tulis Putu Rai Sudarta.

Terlihat dari foto yang diposting Putu Rai Sudarta Michael Bommel berpakaian adat Bali berdampingan dengan Ni Ketut Raka diatas kursi.

Michael Bommel terlihat memakai udeng songket dengan kamben songket dan baju safari. Sementara itu Ni Ketut Raka mengenakan pakaian kebaya putih dan kamben dan rambut disanggul.

Nampak Ni Ketut Raka dan Michael Bommel melangsungkan acara pernikahan dengan acara adat Bali. Nampak beberapa undangan hadir menyaksikan pernikahan itu.

Cerita Ni Ketut Raka yang tak punya tangan dan kaki sempat heboh Februari 2019 lalu, ketika berpacaran dengan Michael Bommel. Mengingat dengan kekurangannya, Ni Ketut Raka dianggap sempurna oleh Michael Bommel dan ia sengaja terbang ke Bali menuju Nusa Penida menemui Ni Ketut Raka.(*)


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.