Bupati Suwirta : Porsenijar Jangan Sekedar Rutinitas



pelajar sedang mengikuti melukisa dalam ajang Porsenijar Kecamatan Nusa Penida

NUSA PENIDA – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta membuka Pekan Olah Raga dan Seni (Porsenijar)Tingkat Pelajar Sekolah Dasar Kecamatan Nusa Penida di Lapangan Umum Sampalan. Agenda tahunan yang digelar Disdikpora Nusa Penida sebagai ajang pencarian bakat siswa baik bidang olag raga dan seni.
Porsenijar, Menurut Bupati Klungkung bukan sekedar mengikuti ritme rutinitas setiap tahun. Porsenijar dipersiapkan dengan baik masing-masing sekolah. Guru olah raga dan guru kelas lebih jeli melihat potensi anak didiknnya. Bagaimana mengembangkan bakat mereka agar bisa bersaing dengan kecamatan lainya. “ jangan porsenijar sebagai rutinitas, tapi mempersipakan atlet dengan matang, “ ujarnya Bupati Suwirta kepada hadiran yang menyaksikan pembukaan, Rabu (27/2) kamarin.
Porsenijar melibatkan Delapan Gugus SD dengan total 496 peserta yang terdiri dari 272 atIet dan 224 seniman. Cabang Seni yang dipertandingkan diantaranya menyalin huruf latin ke aksara Bali, Melukis, Mesatua Bali, Macepat, Tari Baris Manggala Yuda dan Tari Gabor. Untuk cabang Olahraga dipertandingkan tiga cabang atletik yakni Lari, Lompat dan Lempar, serta cabang permainan diantaranya Catur, Tenis Meja dan Pencak Silat.
Ketua Panitia I Dewa Made Widarta yang akrab disapa Dewa Koming saat ditemui di lapangan mengatakan sebelum porsenijar di tingkat kecamatan setiap gugus masing mengadakan seleksi. Terdapat 8 gugus di kecamatan Nusa Penida. masing-masing jagoan gugus dikirim di tingkat kecamatan. Ia sangat optimis anak-anak Nusa Penida bisa mengukir prestasi di tingkat kabupaten terutama yang menjadi target yakni cabang atletik. Dari turun temurun Nusa Penida juara umum di cabang atletik, “ terangnya.
Sementara Kepala UPT Disdikpora Nusa Penida I Komang Sumendra mengatakan atletik menjadi andalan mendulang medali di tingkat kabupaten, cabang permainan agak sulit kita meraih prestasi ketimbang cabang atletik. Sementara cabang seni terutama nulis aksara Bali menjadi andalan kita meraih prestasi. “ Mudah-mudahan target kita tercapai bahkan melebihi, “ harap Sumendra.
Pembukaan ditandai dengan pelepasan balon udara oleh Bupati Klungkung didampingi oleh Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya, Forminca Nusa Penida serta para kontingen gugus.(*)

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.