TARI BARIS PATI " Kesucian Sekala & Niskala "




Tari Baris Pati tari saklar penolak bala baik sekala maupun niskala 
(foto-Putu Bonuz)
          Ped, merupakan Desa pesisir yang kental dengan ritual, yang biasa dilaksanakan oleh masyarakat ped, hal ini di buktikan dengan setiap pelaksanaan upacara keagamaan selalu di ikuti dengan janur gebongan dan tari sakral Baris Pati. Di samping itu Kegiatan Keagamaan ini didukung oleh kreatifitas para perempuan untuk brkreasi dan berimpropisasi dalam sebuah gamelan baleganjur.

TARI BARIS PATI

          Pada jaman dahulu, pelaksanaan upacara panca yadnya di desa kami, sering mendapat gangguan sekala maupun niskala, atas dasar pertimbangan tersebut, maka sesepuh kami mempelajari tari sakral yang beranggotakan 9 orang dengan di pimpin 2 komandan, masing-masing prajurit bertugas menjaga keamanan prosesi yadnya  sesuai arah penjuru mata angin, selain memiliki kemampuan olah kanuragan, dan mahir memainkan tombak, setiap prajurit di bekali kemampuan ilmu magic, untuk menangkal energi negatif, atau penolak Bala.
          Transpirasi dari pasukan agung tersebut, maka di pentaskan tari sakral yang di beri nama  TARI BARIS PATI. Yang biasa ditarikan saat puncak acara yadnya besar. Terutama upacara Pitra yadnya dan Dewa yadnya dengan gerakan tarian sedemikian rupa. Yang menggambarkan 2 komandan mamariksa kesepian prajurit dan diakhiri dengan latihan adu ketangkasan 2 komandan yang di kelilingi oleh prajurit pada saat beradu ketangkasan. Para undangan dan hadirin inilah dia tari wali Desa Pakraman Biaung TARI BARIS PATI.
Oleh : Santana Ja Dewa
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.