Lomba Ogoh-Ogoh, Duta Nusa Penida Siap Tampil Usung Tema I Renggan


Ogoh-Ogoh Duta Kecamatan Nusa Penida berbentuk perahu 


NUSA PENIDA – Sekaha Teruna seluruh Bali tak terkecuali disibukan dengan penggarapan ogoh-ogoh jelang perayaan Hari Raya Nyepi tahun saka 1942. Begitu juga dengan Sekaha Teruna-Teruni Satya Dharma Desa Adat Sebunibus, Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida. Desa Sakti ditunjuk sebagai duta Kecamatan Nusa Penida dalam ajang Lomba Ogoh-Ogoh di tingkat Kabupaten.

Perlu diketahui, Lomba Ogoh-Ogoh Kabupaten Klungkung salah satu ajang kreativitas anak muda dalam kreasi ogoh-ogoh yang melibatkan perwakilan setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Klungkung termasuk Kecamatan Nusa Penida.
Sementara Duta Kecamatan Nusa Penida dalam mempersiapkan lomba yang diperhelatkan pada 21 Maret 2020 di Depan Monumen Puputan Klungkung.

Pande Bagus Gde Guna Sesana saat ditanya mengenai persiapan, Kamis (5/3/2020) menyampaikan, pembuatan ogoh-ogoh sudah digarap beberapa minggu lalu, tapi bagi kami adalah hal yang baru pasalnya hampir semua seniman khususnya di Sebunibus lebih ke seni patung. Memang ia mengakui hampir sama dengan membuat patung, tetap saja perbedaannya pasti ada. Tetapi, semangatlah yang membuat kita bergairah.

Diskusi kecil dalam pergarapan terus bergulir demi menghasilkan karya yang bisa membanggakan. Focus pada ogoh-ogoh sementara fragmentasi dan poperti atau instalasi seni penunjang sambil jalan. “ Disini semua seniman yang dilibatkan dalam hal ini baik seni tari, tabuh dan kreasi ogoh-ogoh saling berkalaborasi. Walaupun dalam pengerjaan khususnya pembuatan ogoh-ogoh adu kreasi disanalah ide itu muncul, “ kata penggagas ogoh-ogoh Pande Guna.

Ogoh-Ogoh, lebih lanjut kata Pande Guna karena keteria dalam lomba tersebut memperbolehkan menggunakan cerita kedaerah, jadi kita memilih sosok I Renggan sebagai tema garapan. Legenda masyarakat Nusa Penida, I Renggan yang sesuai dengan babad Nusa Penida .(*)


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 comments:

  1. Poker online dengan presentase menang yang besar
    ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :D
    WA : +855969190856

    ReplyDelete

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.