Jukut buahangit Nusa Penida, sajian unik beraroma terasi





Nusa Penida (waklaba.blogspot.com)
Plecing buahangit merupakan salah satu warisan kuliner nusantara, yang berasal dari Nusa Penida. Namun, hidangan berbahan dasar sayuran buahangit ini (istilah Nusa Penida). Perpaduan rasanya, tetapi yang memakai bumbu berbeda. Nusa Penida salah satunya.


Berbeda dengan Plecing pada umumnya, warga Nusa Penida punya resep sendiri untuk membuat hidangan jukut (istilah Bali: sayur) plecing. Hidangan ini memiliki aroma terasi yang tajam dan berwarna agak gelap. Untuk memperkuat rasa, perasan jeruk limau ditambahkan di atasnya. Dijamin menggugah selera!

Lantas, apa bedanya dengan plecing Lombok?

Plecing Lombok terbuat dari racikan tomat, terasi, cabai rawit, dan garam. Masakan ini biasanya disajikan bersama, ikan bakar atau goreng, dan kuah. Agar semakin nikmat, Anda bisa menyantapnya bersama ketupat.
Destinasi wisata budaya

Disamping makanannya yang khas, Kabupaten Nusa Penida juga memiliki destinasi menarik yang layak untuk dikunjungi. Contohnya saja, Crytal Buy, Pasih Uug, Temeling, Nusa Lembongan, Pura Goa Giri Putri, dan Desa limo (pengerajin batuparas).
Wuih...Keren!

Ingin coba resep baru jukut buahangit Nusa Penida? Siapa tahu keluarga Anda ternyata menyukainya. Yuk beli di Ninik Gelgel !*sjd

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.