WD Muralis Misterius Dengan Karya Jenius Itu Berasal Dari Nusa Penida


salah satu mural karya WD di Eropa 

WD Muralis Misterius Dengan Karya Jenius Itu Berasal Dari Nusa Penida
WD ( Wild Drawingdemikian ia menyebut dirinya. WD sebenarnya initial namanya. WD adalah seorang pelukis mural yang berasal dari Nusa Penida yang kini menetap di Athena, Yunani.

Karya-karya WD juga menghiasi gedung-gedung tinggi di jalanan London, Jerman, Swedia dan beberapa belahan negara lainnya.
Itu terungkap ketika ia didaulat menjadi pembicara kunci dalam acara bincang-bincang dengan WD semalam 14 Pebruari 2020 di Jl Nusa Indah dI Kinktato. Selain mengisahkan perjalanan WD semasa kuliah di STSI Denpasar ( sekarang ISI Denpasar) yang kerap membikin ulah memprotes kebijakan sampai ia menjadi muralis International.

Pria yang berasal dari Pulagan, Desa Kutampi Atas, Nusa Penida ke Athena, Yunani tahun 2006. Awalnya untuk bertahan hidup disana ia menjadi tukang tato jalanan dan menjual baju handmade.


Kemudian WD yang ingin menuangkan karya di Jalanan Athena harus berebut ruang dengan para muralis dan pembuat gravity lain disana. Hanya ruang diatas 3 meter yang tersisa karena susah dijangkau.

Kemudian ia mendapat akal dengan menggunakan roll panjang agar bisa membuat mural di gedung yang tinggi. Teknik ini berhasil menyita perhatian publik Athena dan disempurnakan bertahun-tahun sampai ia mampu mural di gedung lantai 8 dengan roll panjang.
Selain mural di gedung tinggi ke jeniusan seorang WD juga karena mampu membuat mural dengan merespon ruang atau bangunan menjadi bentuk yang membuat orang berdecak kagum.

"Semakin sulit suatu gedung dengan banyak tonjolan ataupun jendela, semakin mudah saya merespon ruang atau gedung itu", Kata WD.
Perihal dirinya yang tak pernah memperlihatkan wajah dirinya, WD mengungkapkan alasannya.

"Dulu awal-awal mural sebagai dikenal seni jalanan yang dianggap kriminal. Pernah saya melukis gedung sekolah dan saya disidang 3 kali serta ditangkap 24 jam. Setelah menjalani sidang dan agar kejadian itu tak terulang, saya memutuskan nama asli dan wajah saya agar sulit dikenali, sulit ditangkap", kata WD.

Kini WD telah membuat mural di beberapa belahan dunia. Ia pun tercatat sebagai muralis top dunia yang karyanya bisa dilihat di Instagram melalui akun Wild Drawing.(*)


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 comments:


  1. JACKPOT ynag besar hanya di AJOQQ :D
    WA : +855969190856

    ReplyDelete

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.