The cliff swallow’s nests nusa penida



- Apa yang ada dalam benak Anda bila mendengar mengenai batu paling besar sedunia? Bagaimana bentuk dan sebesar apa batu yang ada dalam bayangan Anda? Lalu, kira-kira di mana Anda membayangkan batu tersebut berada? Bila pertanyaan ini dilontarkan pada saya, yang terlintas pertama kali dalam benak saya adalah gunung lima jari tempat dimana Son Go Kong si Kera sakti dipenjara oleh Budha yang kira-kira terletak di dataran Cina. Tapi itu dulu, sebelum saya mengetahui kebenaran yang ternyata membuat saya semakin bangga menjadi warga negara Indonesia.

Percaya atau tidak, batu terbesar di dunia terdapat di bumi Nusantara kita, Negara tercinta Indonesia. Di nusa penida tepatnya di nusa ceningan dan tebing- tebing selatan nusa penida. Bentuknya memang sangat besar luasnya mencapai 520 hektar dan tinggi hingga 100 meter. Bila dilihat dari samudra indonesia, kita dapat menyaksikan sisi bukit yang memiliki kemiringan hingga 90 derajat tegak lurus dengan tanah. Mustahil untuk didaki kecuali oleh pemanjat tebing dengan tingkat kemahiran yang sangat tinggi. Tapi bukan berarti kita tidak dapat menikmati keindahan bukit dari jarak dekat. Banyak hal menarik yang dapat kita temui di tebing sepanjang pantai selatan Nusa penida.
 Hanya saja perawatan dan perhatian dinas pariwisata terhadap tempat di nusa penida ini masih kurang. Saat kami mendatangi tempat wisata yang dapat ditempuh dalam waktu setengah jam dari pelabuhan nusa penida ini.Saya sangat menyayangkan kurangnya perawatan terhadap lokasi wisata ini.

Goa yang terdapat di nusa Ceningan dan watas ( Nusa Penida ) ini masih produktif dan memberikan tambahan pemasukan bagi masyarakat sekitar. Proses panen sarang burung walet juga dapat menjadi atraksi wisata yang menarik untuk disaksikan. Apalagi bagi Anda yang mungkin sama seperti saya yang belum pernah melihat secara langsung bentuk sarang burung yang memiliki nilai ekonomis tinggi ini.


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.